Rabu, 17 Desember 2014

Membangun IP PBX Server Dengan Windows 7 dan 3CX Phone System


1. Dasar Teori

             3CX Phone System, selain berbasis Windows, 3CX juga memberikan paket teknologi komunikasi yang lengkap dengan menyertakan voice mail, fax, email dan status kehadiran/online user dan juga Video Call.
Masing-masing user juga dapat mengkonfigurasi pengaturan extensinya masing-masing melalui web-based user portal, yang tentunya dapat diakses dari mana saja tanpa bantuan IT Staff. di antaranya fitur-fitur seperti Call Forwarding dan Caller ID.
Dengan konsol web-based, administrator pun dapat dengan mudah membuat extensi-extensi baru dan mengubah pengaturan IP PBX. Dan karena 3CX Phone System adalah aplikasi Windows, tentunya akan sangat mudah dimonitor dan dikontrol. Anda dapat meingstall 3CX pada sebuah server yang sudah ada, atau bisa divirtualisasikan dan tidak memerlukan perangkat , tenaga dan biaya manajemen tambahan.

2. Tutorial

  – Langkah awal yang dilakukan adalah menginstall “Software Based PBX for Windows”. Setelah selesai menginstall, kita mulai konfigurasi 3CX Phone System ( IP PBX Server ). Di awali dengan pilihan bahasa, pilih bahasa yang akan digunakan, lalu klik Next.



-Selanjutnya akan muncul tampilan permintaan untuk menentukan IP Public.Pada kesempatan kali ini kita  tidak mengguanakan Ip public karena kita akan membuat jaringan Local. Klik Next.



-Jika kita baru pertama kali membuatIP PBX server, maka pilih Create New PBX. Atau kita juga dapat menggunakan fitur restore dari hasil backup jika kita sudah memiliki file backup dari IP PBX server sebelumnya. Lalu klik Next.



-Selanjutnya kita akan menentukan jumlah digit extention yang akan kita gunakan. Pada contoh ini penulis memilih 3 digit extension. Lalu klik Next



-Selanjutnya kita akan menentukan SMTP Server, dimana Smtp Server ini digunakan untuk penggunaan voice mail. Lalu klik Next.



-Selanjutnya kita akan memasukkam Administrator Login dan Password, penulis memasukkan username admin dan password admin. klik Next.



-Selanjutnya kita akan membuat extension, yang nantinya akan digunakan oleh operator dan client, dengan nomor extension 100, 101, 102 kita juga membuat id serta password yang di set sesuai keinginan. Klik Add.





-Selanjutnya kita akan menentukan negara dan dialing kode. pada kesempatan ini penulis memilih negara indonesia, lalu klik Next.


-Selanjutnya kita akan menetukan nomor extension Operator, pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan extension dengan nomor 100. lalu klik Next.



-Baikkah kita akan melanjutkan tahapan berikutnya, pada tahapan selanjutnya ini kita memilih Next  sampai muncul online registration lalu pilih Skip, lalu Next.



-seluruh proses inisialisai konfigurasi telah berhasil dilakukan. Lalu klik Finish.




-Selanjutnya kita akan melakukan pengaturan pada 3CX Phone System 10 Ip PBX Server melalui aplikasi Start, lalu double click pada icon 3CX. dan masukan username serta password “admin”.



-Apabila muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Berarti kita telah berhasil mendaftarkan 3 buah extension dengan nomor extension 100, 101, 102 hal ini dapat kita lihat adanya warna hijau berarti extension yang kita buat telah terhubung atau On Hook.



-Adapun Konfigurasi yang akan kita lakukan pada masing-masing client pada PC ataupun smartphone yang telah kita install  3CX nya.






-Apabila konfigurasi yang kita lakukan benar dan berhasil, maka status pada Extension yang kita gunakan  akan berubah dari warna merah menjadi Hijau, hal ini yang menandakan bahwa kita sudah bisa melakukan panggilan.






-Selain melakukan panggilan pada satu extension, Kita juga bisa melakukan Call Conference, yaitu melakukan panggilan dengan beberapa participants.






Sekian dan Terima Kasih




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap Berkomentar menggunakan bahasa sopan

Komentar Anda akan dilihat banyak orang, jadi Berkomentar lah dengan baik dan benar