Selasa, 13 Januari 2015

Video Streaming menggunakan VLC Media Player





1. Dasar Teori



        Streaming Server adalah sebuah web server atau aplikasi yang terinstal di dalam sebuah server yang digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara real-time atau streaming diinternet. Streaming server mengizinkan kita untuk meletakkan file-file audio atau video secara terpisah dari web server yang kita jalankan. Situs – situs yang menyediakan layanan streaming video atau audio menggunakan streaming server untuk menjalankan layanannya. Contoh situs-situs yang menggunakan streaming server di antaranya Youtube, Metacafe, dan Megavideo. Salah satu software untuk membuat streaming server adalah VLC (Video Lan Client).

        VLC merupakan perangkat lunak (software) pemutar beragam berkas (file) multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain – lain. Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari VLC Media Player adalah kelengkapan codec yang dimiliki. Dengan kata lain, VLC dapat memutar hampir seluruh jenis berkas audio maupun video yang ada. Bahkan, program ini juga bisa dijadikan sebagai server untuk kebutuhan streaming di jaringan lokal dan internet.

      Dalam video streaming, terdapat 2 komponen yang berpengaruh yaitu server dan client. Settingan pada server terdapat 3 format yang penulis sajikan yaitu format HTTP, RTSP dan RTP. Adapun pengertian nya ialah :

   A.Hypertext Transfer Protocol (HTTP) : Sebuah protokol level aplikasi yang terdistribusi, kolaboratif, dengan system informasi hypermedia. Ini adalah protokol berorientasi objek yang dapat digunakan untuk banyak tugas, seperti server nama dan sistem manajemen objek terdistribusi, melalui perpanjangan metode permintaannya.

   B.Real Time Streaming Protocol (RTSP) : Sebuah protokol level aplikasi untuk kontrol atas pengiriman data dengan sifat real-time. RTSP menyediakan kerangka extensible untuk mengaktifkan kendali pada pengiriman data real-time, seperti audio dan video, dengan menggunakan Transmission Control Protocol (TCP) atau User Data Protocol (UDP).

  C.RealTime Transport Protocol (RTP) : Sebuah paket dengan format UDP dan seperangkat konvensi yang menyediakan fungsi jaringan transportasi end-to-end, cocok untuk aplikasi transmisi data real-time seperti audio, video atau data simulasi, melalui layanan jaringan multicast atau unicast.

Adapun dalam percobaan ini menggunakan beberapa teknik yaitu menggunakan teknikBroadcast, Unicast, dan juga Multicast. Adapun pengertian nya yaitu :

      A.Multicast
Multicast atau multicasting adalah sebuah teknik di mana sebuah data dikirimkan melalui jaringan ke sekumpulan komputer yang tergabung ke dalam sebuah grup tertentu, yang disebut sebagai multicast group. Multicasting merupakan sebuah cara pentransmisian data secara connectionless(komunikasi dapat terjadi tanpa adanya negosiasi pembuatan koneksi), dan klien dapat menerima transmisi multicast dengan mencari di mana lokasinya, seperti halnya ketika kita membuka sebuah stasiun radio untuk mendengarkan siaran radio. Multicast sebenarnya merupakan mekanisme komunikasi one-to-many, atau point-to-multipoint, dan berbeda dengan cara transmisi unicast.

B.Unicast
Istilah unicast dibentuk dengan analogi siaran istilah yang berarti transmisi data yang sama untuk semua kemungkinan tujuan. Multi-tujuan lain metode distribusi, multicast, mengirim data hanya untuk tertarik tujuan dengan menggunakan alamat khusustugas.Pesan unicast digunakan untuk semua proses jaringan yang unik pribadi atau sumber daya yang diminta.

C.Broadcast
Broadcast yang juga dikenal sebagai metode transmisi one to all ( satu kesemua). Walaupun broadcast cenderung membuang resource, beberapa protocol seperti ARP, bergantung kepadanya.

VLC Media Player
VLC Media Player merupakan perangkat lunak (software) pemutar beragam berkas (file) multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain-lain.[5] VLC Media Player juga dapat digunakan untuk memutar DVD,VCD, maupun CD. VLC Media Player bersifat sumber terbuka (open source) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi. Mulai dari Microsoft Windows, beragam distro Linux, Mac OS, dan beberapa sistem operasi lainnya.

Cara Konfigurasi dan Data
1.Pastikan aplikasi VLC sudah terinstall kemudian open VLC
2. Pilih menu media>stream>File,Kemudian pilih file lalu add. Ambil data video yang akan di video streamingkan
3.Pilih Next pada tampilan selanjutnya.
4. Centang dispaly locally, ini berfungsi untuk tetap penampilkan video pada server, Ubah new destination menjadi HTTP, lalu klik add
5.Tampilan akan seperti gambar berikut, buat nama file di kolom path. Lalu klik next.
6. Akan keluar hasil akhir dari VLC yang berupa command line. Sebelum mengklik stream silahkan membuat clientnya terlebih dahulu pada PC yang berbeda.
7.Setting pada PC lain sebagai client,Buka VLC, klik Media > Open Network Stream > Network.Silahkan memasukan network URL sesuai jenis Format Server Video Streaming yang digunakan. Berikut ketiga jenis URL sesuai dengan Settingan Format Server.
9.Percobaan anda selesai.
ini gambar  berikut :











Konfigurasi dengan RTP
1. Silahkan mengulangi langkah 1-3 seperti pada tahap setting server format HTTP.
2.Centang Display Locally lalu pilih New Destination > RTP/MPEG TransportStream > Next
3. Akan keluar tampilan berikut ini. Silahkan memasukan IP Address untuk koneksi Client.
4. Ubah profile seperti gambar berikut, lalu pilih Next
5. silahkan mempersiapkan client sebelum mengklik stream.
6.Setting pada PC lain sebagai client,Buka VLC, klik Media > Open Network Stream > Network,Silahkan memasukan network URL sesuai jenis Format Server Video Streaming yang digunakan.
7.Percobaan anda selesai.
ini gambar berikut :







Konfigurasi dengan RSTP
1.Silahkan mengulangi langkah 1-3 seperti pada tahap setting server format HTTP.
2.Centang Display Locally lalu pilih New Destination RSTP
3. Akan keluar tampilan berikut, silahkan masukan nama file pada kolom pathLalu klik Next.Port 8554 merupakan default port dimana fungsi port ini berhubungan pada akses client untuk menentukan jenis format server video streaming.
4. Setelah mengikuti langkah – langkah diatas, akan keluar perintah untuk stream. silahkan mempersiapkan client sebelum mengklik stream.
5.Setting pada PC lain sebagai client,Buka VLC, klik Media > Open Network Stream > Network.
6.Percobaan anda selesai.
ini gambar berikut:





Sekian dan Terima Kasih



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap Berkomentar menggunakan bahasa sopan

Komentar Anda akan dilihat banyak orang, jadi Berkomentar lah dengan baik dan benar